Minggu, 22 Desember 2013

Kritik tentang Teater Mariinsky Saint Petersburg buka gedung baru

mariinsky
Arsitek gedung teater baru ini berasal dari Kanada.
Teater Mariinsky yang terkenal di Saint Petersburg membuka sebuah gedung opera dan balet baru dalam sebuah acara yang dihadiri 2.000 tamu.

Bangunan baru itu terletak di samping Teater Mariinsky yang bersejarah - dibangun di abad 19 - tempat kelahiran sejumlah karya balet terkemuka seperti Sleeping Beauty karya Tchaikovsky.
Dengan nilai pembangunan mencapai US$700 juta, bangunan baru ini mengundang ragam komentar, dengan sejumlah orang mengkritik arsitektur bangunan yang modern dan tentu saja biaya yang dikeluarkan.
Sementara Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan gedung ini memiliki ''semua hal yang Anda butuhkan dari sebuah teater''.
Saat berpidato di hadapan tamu undangan Putin memberi penghargaan pada ''energi yang tak terbatas'' dari direktur teater Valery Gergiev, yang kebetulan merayakan hari ulang tahun ke 60 saat gedung ini diresmikan, Kamis lalu.
''Direktur telah sukses bukan hanya menjaga tradisi opera dan balet Rusia tetapi juga menciptakan kondisi bagi mereka untuk berkembang,'' puji Putin, seraya menambahkan: ''Kita butuh berikan nafas kehidupan masuk ke dalam teater.''
''Kita ingin gedung teater ini hidup, jadi orang tertarik dan bisa merasakan pesona teknologi modern. Kemudian akan bersinar dalam segala kemuliaan,'' kata Putin

Proyek mahal

teater marinsky
Teater baru diyakini memiliki sistem akustik yang luar biasa.
Gedung yang dibangun di atas lahan seluas 24.000 meter dan menggunakan batu kapur ini masuk dalam salah satu proyek bangunan kebudayaan termahal yang pernah dibangun, dibuat oleh perusahaan asal Kanada, Diamond and Schmitt Associates.
Bangunan ini merupakan pusat dari impian Gergiev untuk membuat Saint Petersburg sebagai ibukota internasional untuk musik, yang sebelumnya sudah menciptakan sebuah gedung konser Mariinsky.
Tetapi gedung baru ini mendapat kritik dari sejumlah tokoh budaya terkemuka seperti direktur Hermitage Mikhail Piotrovsky dan sutradara Alexander Sokurov, sementara yang lainnya justru menyebut bangunan ini seperti sebuah pusat perbelanjaan, tidak mengikuti bangunan abad 19 yang berada di ibukota Rusia.
Tetapi Gergiev, yang saat ini juga menjadi kepala konduktor London Symphony Orchestra, meminta para pengkritik untuk menyimpan penilaian mereka.
"Jawaban mengapa kami membangun ini akan jelas terlihat saat Anda memasuki teater,'' katanya kepada wartawan.
Dia memilih para arsitek asal Kanada ini karena mereka baru saja menyelesaikan sebuah gedung opera di Toronto.
"Kita tidak pernah memiliki sebuah ruang dengan akustik yang luar biasa di Rusia. Saya rasa sekarang kita memiliki salah satu gedung opera terbaik di dunia,'' tambahnya.
Di malam pembukaan Gergiev juga memimpin orkestra yang menampilkan penyanyi tenor asal Spanyol Placido Domingo, yang menyanyikan lagu Wagner, dan balerina terkemuka asal Rusia Ulyana Lopatkina, menampilkan karya Tchaikovsky.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar