Minggu, 18 Desember 2011

Penerapan Green City


Green city sebagai konsep perencanaan kota saat ini telah banyak di lakukan di kota-kota di Indonesia. Kita berpikir bagaimana kota dapat direncanakan dan ditata ulang secara sehat dan secara ekologis. Konsep kota hijau, atau yang sering disebut green city kelihatannya mudah direncanakan, tapi belum tentu mudah diterapkan karena perlu niat baik dari semua pihak, terutama pemerintah kota, masyarakat kota, serta semua pihak yang bergerak di bidang ekonomi, sosial, budaya, politik dan lingkungan. Walau bagaimanapun mulai dari saat ini kita harus membuat kota atau tempat tinggal senyaman mungkin dengan konsep Green City yaitu konsep dengan keharmonisan kota dalam segi ekonomis dan ekologis.
Tidak hanya di Indonesia, saat ini sudah banyak Negara-negara besar dunia yang menerapkan konsep Green City pada kota-kota di Negara mereka. Bukan hanya menghijaukan kota-kota dengan menanam banyak tanaman dan tumbuhan serta membuat taman-taman. Namun juga membuat kota yang sehat dan bebas dari polusi udara seperti karbon monoksida (CO), dan oksida nitrogen (NOx). Bisa dengan banyak cara. Seperti yang sudah diselenggarakan selama ini yaitu Car Free Day atau hari bebas kendaraan. Saat itu kita dapat melakukan banyak aktifitas olahraga di jalanan bebas kendaraan tersebut. Secara individu, kita sebagai penduduk kota hendaknya memiliki hobby berjalan kaki dan bersepeda serta mengutamakan penggunaan kendaraan umum yang mampu mengangkut sejumlah penumpang yang banyak daripada menggunakan kendaraan pribadi. Atau bisa juga dengan penggunaan sarana angkutan dengan energy fosil.Green City atau kota hijau yang kita harapkan adalah kota yang bukan hanya memiliki lingkungan hijau yang cukup, tetapi kota yang dapat memanfaatkan dan menggunakan energi yang hemat. Sebaiknya kota hijau juga menerapkan teknologi daur ulang barang bekas seperti reuse, reduce dan recycle.
Tidak cukup dari segi ekologis saja, namun juga dari segi ekonomis penduduk kota, sosial dan budaya. Bila semua sudah lengkap dan terpenuhi barulah suatu kota layak di katakan Green City.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar